Minggu, 17 Februari 2013

Pantai Kepulauan Derawan Kalimantan

Mungkin, Objek Wisata yang satu ini bisa disandingkan dengan Keindahan Objek Wisata Raja Ampat Papua, panorama lautnya memang begitu menggoda, suasana pantai apalagi, mirip dengan raja ampat yang ada di papua, namanya adalah Kepulauan Derawan yang terletak di daerah  Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Lihat saja pemandangan Pantai Kepulauan Derawan yang begitu menggoda ini, menurut anda adakah kemiripan jika dibandingkan dengan Raja Ampat yang ada di Papua ?

Nah, Kepulauan Derawan ini ternyata terdiri dari 3 kecamatan, antara lain Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau. Objek wisata yang terletak di Kalimantan Timur ini kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun asing, Objek wisata ini bisa jadi sebagai alternative bagi anda yang ingin nuansa wisata seperti di Raja Ampat Papua. Sama dengan, Raja Ampat, Kepulauan Derawan ini terdiri dari 4 pulau yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban. Hebatnya lagi, di Kepulauan Derawan ini terdapat spesies langka yaitu Penyu Sisik dan Penyu Hijau.

Sedangkan dipesisir pantai nya terdapat beberapa keindahan alam yang patut di nikmati, disana ada hutan mangrove, kemudian terumbu karang, dan padang lamun. Sedangkan di bagian lautnya, Kepalauan Derawan ini juga memiliki beberapa Spesies Ikan yang dilindingu dan langka mereka adalah penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda, dan juga beberapa Spesies yang belum kami ketahui.

Sejatinya, berwisata ke Kepulauan Derawan Kalimantan Timur ini juga tak kalah menarik dengan wisata ke Raja Ampat yang ada di papua, bahkan pada tahun 2005, kepulauan Derawan ini sempat dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, sayangnya, sejak kemunculan Raja Ampat Papua, kepopuleran Kepulauan Derawan ini menjadi surut, tapi jangan salah, tiap tahun nya, tetap saja tourist lokal dan asing berkunjung ke Wisata asli Kalimantan ini.

Sama juga dengan Raja Ampat Papua, di Kepulauan Derawan ini juga terdapat beberapa penginapan yang diperuntukan untuk anda yang ingin menikmati wisata di Kalimantan Timur ini dengan waktu yang lebih lama, karena selain snorkling, tentu nya banyak rekreasi yang akan menghibur waktu liburan anda disana.

Selain itu, Mata Pencaharian masyarakat sekita sana pun sama dengan Raja Ampat, mereka bekerja sebagai Nelayan, dan alangkah lezatnya jika kita menikmati secara langsung hasil tangkapan nelayan yang masih segar di pinggir pantai, tentu nya sambil menikmati tenggelam nya mentari. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar