Kamis, 14 Maret 2013

Wisata Taman Nasional Tanjung Puting



Objek wisata berikutnya adalah Wisata Taman Nasional Tanjung Puting yang letaknya di Provinsi Kalimantan Tengah. Objek wisata ini merupakan sebuah cagar alam yang di lindungi karena telah menampung beberapa satwa liar yang langka, khusus nya dua satwa yang terbilang 'terancam punah' seperti Bekantan dan orang utan. Menurut pengamatan ada sekitar 6000 ekor orang utan yang hidup di Taman Nasional Tanjung puting yang luas nya mencapai 400.000 hektar ini. Taman nasional ini sangat cocok untuk anda wisatawan yang mencintai alam juga flora dan fauna langka.



Total, dalam wisata cagar alam ini terdapat 600 lebih jenis flora (tumbuhan), juga ratusan jenis Anggrek hutan yang begitu indah dan memukau. Selain itu juga terdiri dari berbagai ekosistem seperti sungai, hutan rawa bakau, dan masih banyak lagi ekosistem lainnya. Yang jelas wisata cagar alam yang letaknya di Kalimantan tengah ini menyimpan begitu banyak keindahan alam yang tak ternilai harga nya.

Dan yang lebih menarik lagi dari Wisata Taman Nasional Tanjung Puting ini adalah penawaran kegiatan berupa 'ekowisata' yang merupakan kegiatan pengenalan terhadap alam sekitar, termasuk pengenalan terhadap satwa satwa langka yang hidup di Taman nasional ini. Uniknya lagi, pengunjung akan mengelilingi taman nasional seluas 400.000 hektar ini dengan sebuah perahu kayu atau 'klotok' sepanjang aliran sungai yang mengelilingi cagar alam di Kalimantan Tengah ini. Ternyata Wisata ini bukan hanya sebagai objek penelitian terhadap flora dan fauna saja.

Selain kegiatan Ekowisata, anda juga bisa melakukan kegiatan mengunjungi tempat rehaboilitasi dan pelepasan orang utan kembali ke alam liar, dan di taman nasional ini ada 3 tempat rehabilitasi orang utan, pondok tangguy disinilah tempat para wisatawan menyaksikan pemberian makan untuk orang utan yang biasa dilakukan pada jam 9 pagi. Kemudian tempat kedua ada camp leakey yang memiliki fungsi sama seperti Pondok tangguym dan terakhir adalah camp leakey.

Ternyata bukan hanya pemandangan satwa Orang Utan yang ditawarkan oleh Wisata Taman Nasional Tanjung Puting ini, akan tetapi juga pemandangan burung-burung indah dengan warna-warna sayap yang memukau. Jika anda tertarik pergilah ke 2 tempat berkumpul nya burung-burung langka tersebut yaitu di Danau Buluh Besar dan Sungai Buluh Kecil. Nah, bagaimana dengan anda ? Apakah anda ingin mengunjungi cagar alam yang letaknya di Kalimantan Tengah ini ? Dan apakah anda salah satu pencinta alam ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar